Mata Kuliah Desain Mode I (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang konsep dasar desain dan penguasaan ketrampilan menerapkan Unsur Desain yang meliputi garis (line), arah (direction), bentuk (shape/form), ukuran (size), tekstur (texture) , nilai gelap terang (value) dan warna (color), serta Prinsip Desain yang meliputi prinsip kesatuan (unity), proporsi (proportion), keseimbangan (balance), pusat perhatian (center of interest), dan irama (rhythm) pada rancangan busana. Latihan menerapkan unsur desain meliputi penerapan unsur garis dan bentuk pada garis leher, garis hias, bentuk kerah, lengan dan rok. Merancang busana dengan berbagai macam siluet. Merancang busana untuk berbagai macam tekstur. Merancang busana dengan menerapkan prinsip desain harmoni, proporsi keseimbangan, pusat perhatian dan irama.

Capaian Mata Kuliah :

1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang unsur dan prinsip desain dalam rancangan mode busana dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.

2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan identifikasi unsur-unsur dan prinsip-prinsip desain dalam rancangan busana.

3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang busana dengan penerapan unsur dan prinsip desain dalam bentuk portfolio.

4. Mahasiswa memiliki karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tanggung jawab, dan tangguh di dalam membuat karya desain baik secara individu maupun kelompok.

Sumber Rujukan :

1. Sulasmi Darmaprawira. 2002. Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung: ITB.

2. Bambang Irawan dan Pricilia Tamara. 2013. Dasar-Dasar Desain. Depok: Griya Kreasi.

3. Sadjiman Ebdi Sanyoto. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain (Nirmana). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

4. Atisah Sipahelut dan Petrussumadi. 1991. Dasar Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

5. Pentak, Stephen & Lauer, David A. 2016. Design Basics. Boston: Cengage Learning.


© 2019. Develop BY PPTI UNESA TEAM
Powered By ALim Sumarno