Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Tekstil (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang macam-macam serat, identifikasi serat, label pada benang dan bahan tekstil, konstruksi kain (tenunan, rajutan, kempa/non-woven, anyaman, buhul, kaitan), macam-macam tenunan dan sifat permukaan tekstur, jenis pewarnaan dan penyempurnaan tekstil, memahami sifat dan karakteristik kain, mengetahui manfaat dan penggunaan bahan utama, penunjang, pelengkap dan garnitur untuk busana. Memilih tekstil dan bahan tambahan (pelengkap) untuk berbagai rancangan busana wanita, pria dan anak serta kesempatannya dalam bentuk portofolio dan mempresentasikannya

Capaian Mata Kuliah :

1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar bahan tekstil dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.

2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan identifikasi serat, benang dan kain, kaitannya dengan pemilihan bahan busana dan perawatannya.

3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memilih tekstil dan bahan tambahan (pelengkap) untuk berbagai rancangan busana wanita, pria dan anak serta kesempatannya.

4. Mahasiswa memiliki karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tanggungjawab dan tangguh dalam kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas baik secara individu maupun kelompok sesuai standart penilaian yang ditetapkan.

Sumber Rujukan :

1. Baugh, Gail, 2018. The Fashion Designer’s Textile Directory: A Guide to Fabrics’ Properties, Characteristic and Garment-Design Potential. New York: Querto Publishing.

2. Elsasser, Virginia Hencken, 2010. Textiles: Concepts and Principles. New York: Fairchild Books.

3. Humpries, Mary. 2004. Fabric Glossary. New Jersey: Pearson Prentice Hall

4. Knight, Lorna, 2013. The Sewing Stitch and Textile Bible. New York: Chartwell Books, Inc.

5. Siti, S dan Juhrah, S. 2009. Ilmu Tekstil. Surabaya: UnesaUniversity Press

6. Udale, Jenny. 2008. Basics Fashion Design 02: Textile and Fashion. Switzerland: AVA Publishing.


© 2019. Develop BY PPTI UNESA TEAM
Powered By ALim Sumarno