Mata Kuliah Produksi Busana I (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini bersifat pengkajian teori dan pelatihan keterampilan dalam ruang lingkup produksi busana industri, meliputi: menganalisis desain, mengidentifikasi dan mengukur tubuh pelanggan, membuat pola busana sesuai desain, pengenalan dan pengoperasikan mesin jahit dan penerapan teknik jahit rok dan gaun sederhana dengan teknik yang tepat. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan individual yang dititikberatkan pada pelatihandi laboratorium untuk mengasah kemampuan psikomotorik mahasiswa dalam pembuatan rok dan gaun sederhana dengan penerapan konstruksi pola dan teknik jahit secara tepat, ditunjang kegiatan pembelajaran berbasis project base learning .

Capaian Mata Kuliah :

1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar produksi busana sederhana dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.

2. Mahasiswa memiliki keterampilan membuat busana yaitu; rok dan gaun sederhana.

3. Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis kualitas hasil pembuatan busana sederhana sesuai standart industri dalam bentuk portofolio.

4. Mahasiswa memiliki karakter iman, cerdas, mandiri jujur, peduli, tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas baik secara individu maupun kelompok sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sumber Rujukan :
  1. Andrian. 2000. 101 Tips Terpenting Dalam Menjahit , Dian Rakyat, Jakarta
  2. DK. 2003. The Complete Book Of Sewing , Dorling Kindersley, Limited, London
  3. Muliawan, Porrie, 2012, Dasar-dasar Teknik Jahit Menjahit, Libri, Jakarta.
  4. Muliawan, Porrie, 2012, Konstruksi Pola Busana Wanita, Libri, Jakarta.
  5. Reader’s Digest. 2010. Complete Guide to Sewing , Readers Digest Association, Incorporated, The.
  6. Russanti, Irma. 2014. Modul teknik Menjahit 1, Unipres, Unesa

© 2019. Develop BY PPTI UNESA TEAM
Powered By ALim Sumarno