Mata Kuliah Bahasa Indonesia (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pembahasan tentang (1) sejarah, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia (2) membaca kritis (3) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah (4) EyD (5) karya ilmiah (6) penulisan proposal (7) artikel dan makalah (8) penyuntingan (9) pengutipan dan daftar rujukan, dan (10) presentasi. Metode yang digunakan, yakni ceramah, diskusi, proyek, dan studi kasus.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk menelusuri data, mengumpulkan informasi, dan penyelesaian masalah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia.
  2. Menguasai konsep teknik menulis, teknik presentasi, ragam bahasa, dan teknik penyuntingan dengan menggunakan model diskusi, ceramah, lesson study.
  3. Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data yang berkait dengan bahasa Indonesia untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran sehingga dapat diadaptasikan dalam berbagai kondisi pembelajaran.
  4. Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap tugas pembuatan produk keterampilan berbahasa (berbicara, membaca, dan menulis)
Sumber Rujukan :
  1. Tim. 2015. Menulis Ilmiah: Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa Press.
  2. Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis. Yogyakarta: Ombak.
  3. Alwi, Hasan, dkk. 2003a. TBBBI. Jakarta: BP.
  4. __________. 2003b. PUPI. Jakarta: BP.
  5. Permendikbud RI Nomor 50 Tahun 2015. PUEBI. Jakarta.
  6. Sugono, Dendy, dkk. 2003a. Pengindonesiaan Istilah Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PB.
  7. Axelrod, R.B. & Cooper, C.R. 2010. Guide to Writing. Benfork: Boston.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM