Mata Kuliah Dasar Akuntansi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang,dan PerusahaanManufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku.

Capaian Mata Kuliah :
  1. bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1); 2) menjunjung tingginilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika(S2) 3) Memiliki jati diribangsa (S3) 4) berkontribusi dalampeningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradabanberdasarkan Pancasila (S4); 5) berperan sebagaiwarga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasatanggungjawab pada negara dan bangsa (S5); 6) menghargaikeanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atautemuan orisinal orang lain (S6); 7) bekerja sama danmemiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan(S7); 8) taat hukum dandisiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S8); 9) menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik (S9); 10) menunjukkan sikapbertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S10); 11) menginternalisasisemangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S11) 12) mampu menerapkanprinsip-prinsip etika dalam profesi dibidang akuntansi dan keuangan (S12)
  2. Keterampilan Umum1) mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalamkonteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yangmemperhatikan dan menerapkan nilai humaniora (KU1); 2) mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2); 3) mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuandan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkankaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,desain atau kritik (KU3); 4) mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalambentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi (KU4); 5) mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalahberdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5); 6) mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya(KU6); 7) mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukansupervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepadapekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KU7); 8) mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8);9) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali datauntuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9); 10) mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untukmenyelesaikan penugasan kerja(KU10); 11) mampu mempresentasikan informasi dan mengemukakan ide dengan jelas, baiksecara lisan maupun tertulis, kepada pemangku kepentingan(KU11)
  3. Pengetahuan1) Menguasai konsep teoritis danpraktis tentang: a) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan 2) Menguasai prinsip dasar tentang: a) Bisnis
  4. Keterampilan Khusus1) Mampu menerapkanStandar Akuntansi Keuangan atau standar lain yang relevan terhadaptransaksi-transaksi atau peristiwa lainnya
Sumber Rujukan :
  1. IAI,2015, Stndar Akuntansi Keuangan, Penerbit Salemba EmpatJakarta.
  2. Carl S. Warrent, James M. Reeve, Jonathan E. Duchac,Novrys Suhardianto, Devis Sulistyo Kalanjati, Amir Abadi Jusuf, Chaerul D.Djakman, Pengantar Akuntansi, Adaptasi Indonesia, Penerbit Salemba.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM