Mata Kuliah Statistika Ekonomi dan Bisnis (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian statistik deskriptif; Data dan proses pengumpulannya; Pengukuran gejala pusat; pengukuran gejala letak; pengukuran dispersi; Tingkat kemiringan dan tingkat keruncingan kurva; Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik; Nilai-nilai Ringkasan data numerik Menyajikan data kategorik dalam grafik dan tabel; angka indeks; analisis trend. Perkuliahan dilakukan dengan menerapkan pendekatan kolaboratif (ceramah, diskusi dan penugasan individu maupun kelompok).
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS dalam menganalisis kegiatan statistic penelitian tingkat dasar.
  2. Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar statistic penelitian secara mendalam serta memformulasikannya dalam penyelesaian masalah secara prosedural.
  3. Mahasiswa mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi dalam ruang lingkup statistik penelitian tingkat dasar.
  4. Mahasiswa mampu bertanggungjawab dalam menginformasikan hasil analisis informasi dan data baik secara lisan dan tulisa nmelalui pemaparan tugas individu dan hasil kerja kelompok dalam ruang lingkup statistik penelitian.
Sumber Rujukan :

1. Boedijoewono, Noegroho. 2014.Pengantar Statistika Ekonomi dan Bisnis 1: Deskriptif. UPP STIM YKPN

2. Lind, Douglas A. Marchal, William G. and Wathen, Samuel A. 2016. Statistical Techniques in Business and Economics, 16th Edition. McGraw-Hill Education

3. Subagyo, Pangestu. 2012.Statistika Deskriptif. Yogyakarta:BPFE.

4. Supranto, J. 2009.Statistik : Teori dan Aplikasi. Jilid 1 (cetakan 7). Jakarta : Erlangga

5. Suharyadi & Purwanto, SK. 2015.Statistika untuk Ekonomi & Keuangan Modern(ed 3). Jilid 1.Jakarta: Salemba Empat


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM