Mata Kuliah Ekonomi Manajerial (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Deskripsi :

Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar ekonomi manajerial, teknik optimalisasi, analisis permintaan dan penawaran, elastisitas, analisis perilaku konsumen, konsep dasar analisis produksi, konsep dasar analisis biaya, Struktur pasar dan penentuan pasar, analisis investasi proyek industri yang digunakan sebagai alat untuk pengambilan kebijakan pengusaha dan studi kasus penentuan kebijakan perusahaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Cooperative Learning (CL) Problem Base Learning (PBL) untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa, berdasarkan Karakter cerdas, teliti, dan tangguh dalam pengambilan keputusan.

Capaian Mata Kuliah :

(1) Mampu menganalisis konsep dasar ekonomi manajerial dengan memanfaatkan IPTEK guna pengambilan keputusan manajerial. (2) Mampu menerapkan keputusan strategis berdasarkan teknik optimasi, analisis biaya, analisis produksi dan struktur pasar. (3) Mampu menganalisis investasi proyek untuk penentuan kebijakan manajemen (4) Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa dalam pengambilan keputusan manajerial yang memiliki karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh ( Idaman Jelita ) dalam menganalisis informasi ekonomi guna keputusan manajerial.

Sumber Rujukan :

Dominick Salvator.2003 . Manajerial Economics .Edisi 4 jilid 2 Jakarta, Erlangga

Lincolin Arsyad.2001. Ekonomi Manajerial . Jakarta, BPFE.

Yoopi Abimanyu. 2004. Ekonomi Manajerial . Bogor, Ghelia Indonesia.

Vincent Gasperz.2001. Ekonomi Manajerial . Jakarta, Gramedia

William F. Samuelson Dan Stephen G. Marks.2010. Managerial Economics. New York, John Willy and Soni.

Baye, Michael R.2011. Managerial Economics and Business Strategy. Mc Graw-Hill




© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM