Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana mengkonstruksikan konsep dasar penelitian, masalah, variabel, kerangka teori, hipotesis, rancangan penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data menurut pendekatan kuantitatif dan kualitatif guna penyusunan proposal dan penelitian tesis dibidang manajemen. Aplikasi pembelajarannya di kelas melalui analisis contoh-contoh artikel penelitian, diutamakan berskala internasional dan bereputasi. Perkuliahan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, tugas presentasi, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :

1) Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan teknologi informasi dan komputer (TIK) untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran metodologi penelitian melalui penelusuran artikel ilmiah bereputasi.

2) Menguasai berbagai teori yang berkaitan dengan metodologi penelitian dan mampu melakukan sintesis dari berbagai penelitian terdahulu dan menuangannya dalam suatu gagasan baik melalui pertanyaan penelitian maupun rumusan masalah dalam pembelajaran.

3) Membuat cetak biru penelitian sesuia kaidah ilmiah untuk menyelesaikan permasalahan/pertanyaan penelitian yang telah dibangun melalui teknik analisis yang tepat.

4) Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, melakukan diskusi yang relevan dengan rekan, serta mampu mempertahankan hasil keputusan yang telah ditetapkan melalui teknik analisis yang relevan sesui dengan metode ilmiah.

Sumber Rujukan :

1) ooper, Emory & Pamela S. Schindler, (2003). Business Research Methods, McGraw-Hill.

2) Malhotra, Naresh K., (2007). Marketing Research: An Applied Orientation . New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

3) Sekaran, Uma, (2013). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach , 6th ed. UK: John Wiley dan Sons

4) Christine Daymon & Immy Holloway, (2011). Qualitative Research Method in Public Relations and Marketing Cummunications . London and New York. Routledge

5) Eisenhardt, Kathleen M., 1989, 1CBuilding Theories From Case Study Research 1D, Academy of Management Review, Vol. 14, 1989, pp. 532-550.

6) Ferdinand, Augusty, 2006, Structural Equation Modeling dalam penelitian manajemen Edisi 4, Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

7) Miles, Mtthew B. dan A. Michel Huberman, 2007, Analisis data kuantitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode baru, Jakarta: UIP Press

8) Siegel, Sidney, 1992, Sttistik Nonparametrik untuk ilmu-ilmu sosial, Terjemahan Zanzawi Suyati dan Landung Simatupang. -Cet.5.-Jakarta: Gramedia.

9) Yin, Robert K., 2000, Studi Kasus: Desain dan Metode, Alih Bahas: M. Djauzi Mudzakir, Jakarta: Rajawali Press.

10) Gujarati, Damodar N., 2004. Basic Econometrics, Fourth Edition. The McGraw-Hill Companies.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM