Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar ABK (2 SKS)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam merancang serta mengembangkan bahan ajar yang adaptif, inovatif, dan sesuai kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip pembelajaran diferensiasi, modifikasi kurikulum, adaptasi media, hingga evaluasi bahan ajar inklusif. Pembelajaran berorientasi proyek agar mahasiswa mampu menghasilkan produk bahan ajar yang dapat digunakan di sekolah inklusi maupun sekolah luar biasa (SLB).
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
CPL-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
CPL-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
- Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2020). Exceptional learners: An introduction to special education (14th ed.). Pearson.
- Florian, L., & Beaton, M. (2020). Inclusive pedagogy in action: Getting it right for every child. International Journal of Inclusive Education, 24(12), 1262–1276.
- Sari, D. R., & Pratiwi, E. (2021). Pengembangan bahan ajar adaptif berbasis kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 17(2), 55–70.
- Smith, D. D. (2021). Introduction to special education: Teaching in an age of challenge (9th ed.). Pearson.
- Nurhasanah, I., & Rahayu, S. (2022). Inovasi bahan ajar untuk anak berkebutuhan khusus berbasis teknologi asistif. Jurnal Inklusi, 9(1), 45–59.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM