Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Bipa (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas prinsip, teori, dan praktik pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan mempertimbangkan keragaman latar belakang pembelajar, tujuan pembelajaran, serta kebutuhan globalisasi. Mahasiswa akan mempelajari model kurikulum BIPA, analisis kebutuhan pembelajar, perancangan silabus, penyusunan bahan ajar, serta evaluasi program. Pembelajaran menekankan pendekatan berbasis proyek sehingga mahasiswa mampu merancang produk kurikulum BIPA yang aplikatif dan inovatif.

Capaian Mata Kuliah :

CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan

CPL-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

CPL-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus

Sumber Rujukan :
  1. Arka, I. W. (2020). Teaching Indonesian as a foreign language: Current issues and future directions. Language Documentation & Conservation, 14, 1–27.
  2. Hasanah, U., & Setiawan, A. (2021). Curriculum design for teaching Indonesian to speakers of other languages (BIPA). Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(3), 600–612.
  3. Musyahda, L., & Nurlaila, N. (2022). The development of BIPA curriculum in the digital era. Journal of Language Teaching and Research, 13(2), 300–308.
  4. Fitriani, A., & Kurniawan, H. (2023). Cultural integration in BIPA learning: Challenges in developing intercultural syllabus. Journal of Language and Cultural Education, 11(1), 75–89.
  5. Santoso, B., & Lestari, D. (2024). Blended learning in BIPA curriculum: Innovation and practice. International Journal of Instructional Technology and Language Studies, 2(1), 55–67.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM