Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mahasiswa tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar dalam perencanaan, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Tehnik Pembelajaran, media pembelajaran, LKPd, evaluasi pembelajaran, analisis kurikulum, serta implementasinya dalam pengembangan perangkat pembelajaran

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memiliki kemampuan untuk menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Memiliki kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar.
  4. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  5. Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggungjawab.
  6. Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merekontruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  7. Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
  8. Memiliki kemampuan untuk menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  9. Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, dan SBdP melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.

Sumber Rujukan :
  1. Masjid, Abdul, 2007, Perencanaan Pembelajaran, Bandung:PT Remaja Rosdakarya
  2. Harjanto, 2010, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta
  3. Anderson, Lorin W & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom 19s Taxonomy of Education Objectives. A Bridged Adition. New York: Addison Wesley Longman.
  4. Rohman, Mohammad; Amri, Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
  5. Muijs, Daniel., Reynolds, David. 2008. Effektive Taching. London: Sage Publications Ltd
  6. Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: PT Rineka Cipta
  7. Prastowo, Andi, 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
  8. Jacobse, David A; Eggen, Paul; Kauchak Donald, 2009. Methods for Teaching, New Jersey: Allyn & Bacon
  9. Ibrahim, Nurdin; Sidik, Darlan, 2013. Prinsipprinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: PT Fajar Inter Pratama Mandiri
  10. Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  11. Permendikbud Nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi
  12. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Kompetensi Dasar
  13. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses
  14. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Standar Penilaian

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM