Mata Kuliah Pendidikan Agama Hindu (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S.1);

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S.2);

3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S.8);

4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU.1);

5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU.2);

6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU.5);

7. Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan (KU.11).

Capaian Mata Kuliah :

1. Mampu menyampaikan argumen akademik/profesional tujuan dan fungsi pendidikan agama Hindu sebagai komponen mata kuliah wajib umum (KK1)

2. Mampu menalar dan mengimplentasikan nilai-nilai spiritual Hindu dalam membangun sraddha dan bhakti (iman dan Taqwa) kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam membentuk kepribadian yang humanis (KK2)

3. Mampu bersikap jujur, taat hukum , kreatif, sehat dan adatif berdasarkan niali-nilai agama Hindu (KK3)

4. Terampil menyajikan hasil kajian individual maupun kelompok mengenai suatu kasus (studi kasus) terkait kontribusi Hindu dalam perkembangan peradaban dunia. (KK4)

5. Mampu menyajikan model masyarakat yang mampu membangun peradaban humanis, estetis dan bersaing secara global (KK5)

6. Memahami tujuan dan fungsi pendidikan agama Hindu sebagai komponen mata kuliah wajib umum (P.1)

7. Menguasai nilai-nilai spiritual Hindu dalam membangun sraddha dan bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa (P.2)

8. Memahami konsep manusia Hindu dalam membentuk kepribadian yang jujur,taat hukum, kreatif, sehat dan adatif (P.3)

9. Memahami kontribusi Hindu dalam perkembangan peradaban dunia (P.4)

10. Memahami konsep masyarakat yang berlandaskan ajaran Tri Hita Karana (P.5)

Sumber Rujukan :
Pustaka utama : Tim Penyusun, 2016. Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: RISTEKDIKTI. Pustaka Penunjang : 1 Wiana,. 1994. Bagaimana Hindu Menghayati Tuhan, . Manikgeni . 2. Wiana, .1982. Niti Sastra , Ditjen Hindu dan Budha. 3. Atmaja, 1974. Panca Sradha, . PHDI Pusat . 4. Titib, 1996. Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan , Paramita 5. Pudja, 1997, Teologi Hindu , Mayasari 6. Pudja, 1980. Sarasamuscaya , Mayasari. 7. Maswinara, 1998. Bhagawad Gita , Paramita. 8. Koentjaraningrat, .1978. Manusia dan Kebudayaan Indonesia , Gramedia. 9. Sudharta, 1986. Manawa Dharma Sastra, Hanuman Sakti.

BK.1. Etika dan Kepribadian

BK.2. Nilai-nilai Kebangsaan

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM