Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Kajian tentang teori-teori belajar yang diawali dengan pengantar singkat psikologi perkembangan (kognitif), dilanjutkan dengan prinsip-prinsip dan penjelasan tentang cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivisme, teori belajar neurosains, serta teori pemotivasian siswa untuk belajar; dan implikasinya dalam pembelajaran melalui analisis contoh-contoh kasus pembelajaran MIPA di kelas. Perkuliahan dilaksanakan secara teori dan penugasan.


Capaian Mata Kuliah :

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan teori belajar tertentu.

Menguasai teori-teori belajar didukung oleh pemahaman tentang teori perkembangan dan mampu mengaplikasikan teori-teori belajar dalam pembelajaran.

Membuat keputusan berdasarkan analisis contoh-contoh kasus pembelajaran di kelas dan memberikan ide-ide untuk memilih berbagai alternatif solusi.

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran sesuai teori belajar yang relevan.






Sumber Rujukan :

Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. 2012. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill

Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 1 . Jakarta: PT Indeks.
Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 2 . Jakarta: PT Indeks.

Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition. Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM