Mata Kuliah Civic Edupreneurship Digital (2 SKS)
Mata kuliah Civic Edupreneurship Digital ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis pendidikan berbasis digital. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar civuc edupreneurship, perkembangan edupreneurship digital, berbagai model bisnis yang dapat diterapkan, serta strategi pemasaran digital yang efektif. Selain itu, mahasiswa juga akan dilatih untuk melakukan analisis pasar, membuat proyeksi keuangan, memahami aspek legalitas dalam bisnis digital, dan mengidentifikasi peluang bisnis. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan mengimplementasikan rencana bisnis edupreneurship digital serta mampu mengidentifikasi area perbaikan dan mengajukan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja bisnis
CPMK-1 Menguasai teori dan praktik dalam bidang edupreneurship digital yang inovatif dan berkelanjutan.
CPMK-2 Memiliki keterampilan analitis dan kritis dalam mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam bisnis edukasi berbasis digital
CPMK-3 Mampu mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi bisnis edupreneurship digital
Utama
1. Kuratko, D. F. (2016). Entrepreneurship: Theory, Process, Practice. Cengage Learning. Jones, P., & Penaluna, A. (2013). Enterprise education: Developing entrepreneurial mindsets through education. Edward Elgar Publishing.
2. Shane, S. (2003). A General Theory of Entrepreneurship: The Individual-Opportunity Nexus. Edward Elgar Publishing. Drucker, P. F. (1985). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. Harper & Row.
3. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley.
4. Gassmann, O., Frankenberger, K., & Csik, M. (2014). The Business Model Navigator: 55 Models That Will Revolutionise Your Business. Pearson.
5. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
6. Burns, A. C., & Bush, R. F. (2010). Marketing Research. Prentice Hall.
7. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson. Ryan, D. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Kogan Page Publishers.
8. Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. Sage.
9. Barker, M., Barker, D. I., Bormann, N. F., & Neher, K. E. (2017). Social Media Marketing: A Strategic Approach. Cengage Learning.
10. Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.
11. Eisenhardt, K. M. (1989). Building Theories from Case Study Research. Academy of Management Review, 14(4), 532-550.
12. Barringer, B. R., & Ireland, R. D. (2015). Entrepreneurship: Successfully Launching New Ventures. Pearson.
13. Sahlman, W. A. (1997). How to Write a Great Business Plan. Harvard Business Review Press.\
14. Abrams, R. (2019). The Lean Business Plan: Get What You Want From Your Business. Planning Shop.
15. Scarborough, N. M. (2016). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Pearson.
16. Anderson, D. R., Sweeney, D. J., & Williams, T. A. (2016). Statistics for Business & Economics. Cengage Learning.
17. Evans, J. R., & Lindsay, W. M. (2017). Managing for Quality and Performance Excellence. Cengage Learning
18. Supranto, J. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta.
19. Umar, H. (2008). Strategi Perbaikan dan Peningkatan Kinerja Bisnis. Gramedia Pustaka Utama
Pendukung
1. Siagian, S. P. (2013). Kewirausahaan dalam Perspektif Global. PT Penerbit Mandar Maju.
2. Alma, B. (2009). Kewirausahaan: Pendidikan, Teori, dan Praktek. Alfabeta.
3. Moeliono, A. (2012). Kewirausahaan Sosial dan Inovasi. Penerbit Andi.
4. Suryana. (2016). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
5. Rangkuti, F. (2009). Business Model Canvas: Konsep dan Studi Kasus. Gramedia Pustaka Utama.
6. Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Strategik. Penerbit Andi.
7. Kertajaya, H. (2018). Digital Marketing: Implementasi dan Pengaruhnya. Gramedia Pustaka Utama.
8. Sihombing, S. (2019). Strategi Digital Marketing untuk UMKM. Penerbit Andi.
9. Hartati, S. (2017). Pemasaran Melalui Media Sosial. Penerbit Andi.
10. Putra, A. S. (2018). Strategi Bisnis di Era Digital: Pemanfaatan Media Sosial dan Konten Digital. Penerbit Andi.
11. Hasanah, I. (2013). E-learning: Konsep dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Penerbit Andi.
12. Prasetyo, Z. K., & Maryono. (2016). Pengembangan E-Learning: Teori dan Implementasi. Penerbit Andi
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM