Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan merencanakan dan melakukan kegiatan penelitian. Mata kuliah ini mengkaji paradigma, prinsip-prinsip, jenis, dan prosedur penelitian kuantitatif, kualitatif, dan pengembangan. Kajian dan diskusi mencakup penyusunan proposal yang meliputi pemilihan dan perumusan masalah, penentuan dan pemilihan sumber data, objek penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, dan teknik analisis data, serta design dan prosedur penelitian sesuai dengan paradigma dan jenis penelitian yang dipilih. Pembelajaran dilakukan dengan diskusi, presentasi, dan tugas proyek.
CPMK-1 Memanfaatkan sumber belajar berbantuan TIK dalam menelaah konsep metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan Pengembangan dalam PPKn
CPMK-2 Menguasai konsep dasar metode penelitian untuk memahami dan menjelaskan fenomena pendidikan, dan melakukan pengembangan dalam penelitian PPKn.
CPMK-3 Membuat keputusan secara tepat untuk menerapkan konsep-konsep metode penelitian yang relevan dalam merancang penelitian PPKn
CPMK-4 Memiliki sikap tanggungjawab dalam menerapkan konsep-konsep metodologi penelitian yang dipelajari melalui kinerja pembelajaran mandiri dan kelompok dalam merancang penelitian PPKn.
Utama
1. Gall, D. Meredith, Joyce P. Gall, Walter R. Borg, 2003. Educational Research. An Introduction. Boston: Pearson Education Inc.
2. Tuckman, Bruce W., 1978. Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich.
3. Leavy, Patricia, 2017. Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.
4. Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System
Pendukug
1. Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
2. Awangga, Suryaputra N., 2007. Desain Proposal Penelitian. Yogyakarta: Pyramid Publisher.
3. Gulo, W. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
4. Putra, Nusa, 2012. Research Development. Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
5. Sanjaya, Wina, 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.
6. Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bina Aksara.
7. Widoyoko, Eko Putro, 2012. Teknik Menyusun Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM