Mata Kuliah Pedagogik Transformatif (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang prinsip-prinsip pedagogik dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar, dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan

diskusi, tugas proyek, dan refleksi

Capaian Mata Kuliah :

CPMK-1 Memanfaatkan sumber belajar dan media tentang pedagogic transformative yang berbasis teknologi.

CPMK-2 Menguasai konsep pedagogi dan penggunaannya dalam pembelajaran PPKn

CPMK-3 Membuat keputusan untuk menyelesaikan permasalahan pedagogik dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan prinsip, standar, dan teknik penilaian yang tepat.

CPMK-4 Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran sendiri dan kesepakatan yang dilakukan dengan teman kelompok dalam pencapaian hasil pembelajaran pedagogik transformatif

Sumber Rujukan :
1. Bruce Joice, Marsha Weil, Emily Cahoun. 2009.Model of Teaching(Model Pengajaran). Yogjakarta: Pustaka Pelajar2. Dahar, R. W. (1989).Teori-Teori Belajar. Bandung: Penerbit Erlangga.3. Dale H. Schunk. 2012.Learning Theories An Educational Perspective. Sixth Edition.New York: Taylor & Francis.4. Jack Zevin. 1992.Social Studies for The Twenty-First Century: Methods and Materials for Teaching in Middle and Scondary Schoola.New York:Longman.5. Paul R. Pintrich, Dale H. Schunk. 2002.Motivation in Education: Theory, Research, and Aplication. 2nd Edition.New Jersey: Upper Saddle River.6. Schunk, D. H. (2012).Learning Theories an Educational Perspective,Sixth Edition, Boston: Pearson Education. Terjemahan 7. Eva Hamidah dan Rahmat Fajar. (2012).Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan,Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 8. Slavin, R., E. (2006).Educational Psycology: Theory and Practice.Boston: Allyn and Bacon. Terjemahan Marianto Samosir. (2008).Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Delapan Jilid 1.Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.9.. Slavin, R., E. (2006).Educational Psycology: Theory and Practice.Boston: Allyn and Bacon. Terjemahan Marianto Samosir. (2008).Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Delapan Jilid I1.Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang. 10. Winkel, W. S. 2004.Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM