Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Ppkn (2 SKS)
Mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang S2 bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang inovatif dan efektif. Mata kuliah ini mencakup teori-teori pembelajaran, strategi pembelajaran, desain pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran khususnya dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, konstitu
CPMK-1 Memahami dan menganalisis secara kritis teori-teori kurikulum dan implementasinya dalam sistem pendidikan nasional Indonesia;
CPMK-2 Menganalisis dan mengembangkan model kurikulum PKn untuk jenjang SD, SMP, SMA dan PT yang layak
CPMK-3 Mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah kewarganegaraan menggunakan proses berpikir interdisipliner, multididipliner, dan multidimensional.
CPMK-4 Menyajikan hasil kajian tentang hakikat teori dan model kurikulum dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi di depan kelas
Utama
1. Anggraena, Yogi dkk., 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan
Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia
2. Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Republik Indonesia no 033 tahun 2023.
3. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar
Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
4. Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction.
5.. Smaldino, Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011, Instructional Technology and Media For Learning, Edisi
kesembilan. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
6.. Surwuy, Grace Selvia, dkk., 2023. Pengembangan Bahan Ajar. Deli Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital
Pendukung
1. Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Republik Indonesia no 033 tahun 2023.
2. Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2018). Models of Teaching.
3. Tilaar, H. A. R. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM