Mata Kuliah Statistik Terapan (2 SKS)
Matakuliah Statistik pendidikan memberikan bekal keilmuan dan kemampuan kepada mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi khususnya yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif beserta cara-
cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan.
CPMK-1 Kemampuan untuk menguasai teknik statistik untuk analisis data kuantitatif dalam penelitian pendidikan yang menyatu dengan penguasaan teknologi informasi
CPMK-2 Memahami dan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial serta dapat menerapkannya dalam penelitian PKn.
CPMK-3 Melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran statistika Pendidikan
Utama
1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta
2. Azwar, S. 2004. Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Bugin. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif . Surabaya: Airlangga University Press
4. Sudjana. 2001. Metode Statistika . Bandung: Tarsito
5. Sunarto. 2001. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan . Surabaya: Unesa
Pendukung
1. Riduwan, 2009. Skala Pengukuran Variable-Variable Penelitian . Bandung: CV Alfabeta
2. Riduwan dan Sunarto, 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis . Bandung: CV Alfabeta
3. Kariadinata, R dan Abdurahman, maman. 2012. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
4. Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM