Mata Kuliah Teori dan Pengembangan Kurikulum Ppkn (2 SKS)
Kajian tentang prinsip-prinsip pedagogik dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar, dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisi s contoh-contoh kasus di kelas.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, tugas proyek, dan refleksi.
CPMK-1 Memahami dan menganalisis secara kritis teori-teori kurikulum dan implementasinya dalam sistem pendidikan nasional Indonesia;
CPMK-2 Menganalisis dan mengembangkan model kurikulum PKn untuk jenjang SD, SMP, SMA dan PT yang layak
CPMK-3 Mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah kewarganegaraan menggunakan proses berpikir interdisipliner, multididipliner, dan multidimensional.
CPMK-4 Menyajikan hasil kajian tentang hakikat teori dan model kurikulum dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi di depan kelas
Utama
CCE, (1994), National Standards for Civic and Government, Calabasas, California
Pendukung
1. Grossman, David L., Lee, Wing On, and Kennedy, Kerry J. (2008). Citizenship Curriculum in Asia and The Pacific. Hongkong: Comparative Education Research Centre, Faculty of Education, The University of Hongkong.
2. Jardine, David W., Friesen, Sharon, and Clifford, Patricia. (2006). Curriculum in Abundance. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Publishers.
3. Null, Wesley. (2011). Curriculum: From Theory to Practice. Maryland: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
4. Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan.
5. Peraturan Pemerintah (PP) No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Standar Nasional pendidikan.
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi (SI)
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan (SI)
10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)
11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP /MTs.
12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA /MA.
13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK /MAK.
14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Mata Pelajaran.
15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.
16. Pinar, William F. (Ed.). (2003). International Handbook of Curriculum Research. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Publishers.
17. Pinar, William F. (2004). What is Curriculum Theory. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Publishers.
18. Reynolds, William M. and Webber, Julie A. (Eds). (2008). Expanding Curriculum Theory: Dis/positions and Lines of Flight. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Publishers.
19. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.
20. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.
21. Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta
22. Wahab, A.Azis dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabetha
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM