Mata Kuliah Asesmen Proses dan Hasil Belajar (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengaji tentang konsep dan prinsip-prinsip asesmen proses dan hasil belajar meliputi terminologi dan pengertian, taksonomi hasil belajar, prinsip assesmen, strategi asesmen dan bentuk-bentuk asesmen, rubrik, langkah-langkah pengembangan, kriteria kualitas instrumen asseemen, analisis butir, dan penafsiran hasil assesmen. Matakuliah ini disajikan secara teori dan penugasan untuk mengembangkan instrumen yang adekuasi dengan hasil belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Capaian Mata Kuliah :

PLO:

PLO 3. Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sains terintegrasi.

PLO 5. Merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sains dengan memanfaatkan IPTEK.

CLO:

1. Memahami peranan asesmen dalam pendidikan dan pembelajaran.

2. Mengembangkan instrumen penilaian sikap

3. Mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan

4. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan

5. Mendeskripsikan kualitas alat ukur

Sumber Rujukan :
  • Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences ad Portofolio Development: to accompany learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Arikunto, Suharsimi, I. Jabar, CepiSafruddin Abdul. 2008. Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: BumiAksara. Brookhart.
  • Susan M. 2010. How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
  • George, David. 2005. Examination and evaluation in education. New Delhi: Commonwealth.
  • Glencoe Series. Tanpa Tahun. Performance Assessment in The Science Classroom. New York: McGraw- Hill Company. I.
  • Naik, S.P. 2004. Role of evaluation in education. New Delhi: Anmol Publications PVT.
  • Johnson, David W. and Johnson, Robert T. 2002.Meaningful Assessment Manageable and Cooperative process. Boston: Allyn and Bacon.
  • Kubiszyn, Tom dan I. Borich, Gary. 2007. Educational testing and measurement: classroom application and practice. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • Kumari, Sarita dan I. Srivastava, D.S. 2005. Education: assessment, evaluation and remedial. New Delhi: Isha Books.
  • Rani, T. Swarupa. 2004. Educational measurement and evaluation. New Delhi: DPH.
  • Ross, Kenneth N. 2005. Quantitative research Methods in Educationl Planning, Module 6: Overview of Test Construction. Paris: International Institute for Educational Planning, UNESCO.
  • Walton, John A. 2005. Educational objectives and achievement testing. New Delhi: Commonwealth.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM