Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini membahas kajian tentang pendekatan dan model-model pembelajaran meliputi pembelajaran berpusat pada siswa-guru, model pembelajaran inkuiri, dikoveri, kooperatif, problem-based learning (PBL), project-based learning (PjBL), pendekatan STEAM, Blended Learning , dan Digital Learning . Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa yang berorientasi pada tiap-tiap model dan pendekatan. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, mendemonstrasikan sikap ilmiah, kritis, dan inovatif secara mandiri selama proses perkuliahan mata kuliah Pembelajaran Inovatif.
  2. Mampu menguasai konsep substantif tentang karakteristik dan teori-teori pendukung pendekatan dan model-model pembelajaran yang dibahas dalam mata kuliah Pembelajaran Inovatif.
  3. Mampu mengaplikasikan konsep substantif mengenai pendekatan dan model-model pembelajaran untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran.
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mengambil keputusan secara tepat dan bisa bekerja secara individu maupun dalam tim.
  5. Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi model-model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran IPA dengan memanfaatkan ICT.
Sumber Rujukan :
  • Arends, Richard I. 2012. Learning To Teach 9th Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Ibrahim, Muslimin. 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press
  • Nur, Mohamad. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
  • Nur, Mohamad dan Kardi Soeparman. 2000. Pembelajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM