Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif I (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini membahas tentang kajian model-model pembelajaran meliputi model pembelajaran presentasi, pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), pembelajaran langsung ( Direct Instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), dan pembelajaran diskusi ( discussion model of learning ). Selain itu, pembelajaran berorientasi STEM, STEAM, SETS, Digital, Blended Learning, Neurosains, serta strategi-strategi belajar ( learning strategies ) juga dikaji pada mata kuliah ini. Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa yang berorientasi pada tiap-tiap model dan strategi pembelajaran. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif meliputi model pembelajaran presentasi, pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), pembelajaran langsung ( Direct Instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), dan pembelajaran diskusi ( discussion model of learning ), pembelajaran berorientasi STEM, STEAM, SETS, Digital, Blended Learning, Neurosains, dan strategi-strategi belajar untuk mencapai kompetensi siswa.
  2. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran meliputi model pembelajaran presentasi, pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), pembelajaran langsung ( Direct Instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), dan pembelajaran diskusi ( discussion model of learning ), pembelajaran berorientasi STEM, STEAM, SETS, Digital, Blended Learning, Neurosains, dan strategi belajar yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif I.
  3. Membuat keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif meliputi:odel pembelajaran presentasi, pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), pembelajaran langsung ( Direct Instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), dan pembelajaran diskusi ( discussion model of learning ), pembelajaran berorientasi STEM, STEAM, SETS, Digital, Blended Learning, Neurosains, dan strategi belajar yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karaktristik siswa.
  4. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan odel pembelajaran presentasi, pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), pembelajaran langsung ( Direct Instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), dan pembelajaran diskusi ( discussion model of learning ), pembelajaran berorientasi STEM, STEAM, SETS, Digital, Blended Learning, Neurosains, dan strategi belajar yang telah dirancangnya di dalam forum peer teaching.
Sumber Rujukan :
  • Arends, Richard I . 2012. Learning To Teach sixth Edition . New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Ibrahim, Muslimin . 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya . Surabaya: University Press
  • Nur, Mohamad . 2000. Strategi-strategi Belajar . Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
  • Nur, Mohamad, Kardi Soeparman . 2000. Pembelajaran Langsung . Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM