Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif II (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang model-model pembelajaran:kooperatif (cooperative learning), pembelajaranberorientasipendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah (problembased learning), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajarankontekstual serta pembelajaran berbasis proyek. Pengkajian dilakukan lewatpemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajarandalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkatpembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar.Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajarantertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengankegiatan diskusi dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek, yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif II (1)
  2. Menunjukkan kemampuan menggunakan waktu dalam merancang pembelajaran (1)
  3. Membuat keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif meliputi: pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karakteristik siswa. (1)
  4. Menunjukkan keterampilan komunikasi dan bekerjasama menggunakan pembelajaran yang relevan (2)
  5. Menunjukkan kemampuan berpikir kritis di dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai (2)
  6. Terampil mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang relevan dengan gaya belajar para siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus (6)
  7. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif meliputi: Model Pembelajaran kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek untuk mencapai kompetensi siswa (1)
  8. Terampil memilih media yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan di dalam pembelajaran (3)
  9. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek yang telah dirancangnya di dalam forum peer teaching (4)
  10. Mampu menganalisis keefektivan penerapan model pembelajaran yang tergolong pembelajaran inovatif 2 berdasarkan hasil penelitian (5)
Sumber Rujukan :
  • Arends, Richard I. 2004. Learning To Teach sixth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany ;learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Ibrahim, Muslimin. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Edisi II. Surabaya: University Press
  • Ibrahim, Muslimin, Rachmadiarti, Fida, Ismono. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
  • Nur, Mohamad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM