Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam

mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan

khusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuai

dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untuk

menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki

keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching.

Capaian Mata Kuliah :

1. Mewujudkan karakter jujur dan mandiri terkait dengan tugas-tugas micro teaching.

2. Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, microteaching dan perencanaan pembelajaran.

3. Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi.

4. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan supervisi klinis, micro teaching dan peer teaching.

5. Memanfaatkan hasil-hasil riset untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif.

6. Mengembangkan perangkat pembelajaran yang memperhatikan keragaman peserta didik.

Sumber Rujukan :

1. Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo.

2. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

3. Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta

4. UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan. Surabaya: University Press.

5. Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.

6. Slavin, R.E. 2011. PsikologiPendidikan (TeoridanPraktik) (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.

7. Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union:

Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

8. Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM