Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan I (1 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan, struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah, kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer, dan praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.

Capaian Mata Kuliah :

  1. mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
  2. mendeskripsikan struktur organisasi dan tata kerja sekolah
  3. mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah;
  4. mengidentifikasi kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah;
  5. mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer, dan
  6. mendeskripsikan praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.
Sumber Rujukan :
  1. Wena, Made. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional . Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif . Bandung: Alfabeta.
  3. Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Mulyasa, E., 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi . Bandung: Remaja Rosdakarya.
  5. Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler . Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
  6. Hyland, Ken., & Wong, Lilian L. C. 2016. Innovation and Cange in English Language Education . London: Ruthledge.
  7. Arend, R.I., 2012. Learning to Teach . New York: Mc Grow-Hill International Edition.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM