Mata Kuliah Psikologi Pendidikan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, pelajar tidak biasa, dan faktor faktor yang berpengaruh terhadap belajar, diversitas sosiokultural dalam pendidikan, pendekatan behavioral dan kognitif sosial, dan pendekatan pemrosesan informasi dalam proses belajar.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Sikap

    § Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku (PLO9)

    § Mampu menunjukkan kepekaan sosial, penghargaan atas keanekaragaman, semangat nasionalisme, kemandirian, dan kewirausahaan (PLO 10)

    Pengetahuan

    § Mampu menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas menggunakan konsep dasar teori dan asesmen psikologi (PLO 1)

    § Mampu menganalisis prinsip-prinsip perubahan tingkah laku pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas berdasarkan konsep intervensi psikologi non-klinis (PLO 2)

    Keterampilan Umum

    § Mampu merencanakan dan mengembangkan karir dan diri pribadi dengan menggunakan teknologi informasi dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu (PLO 7)

    Keterampilan Khusus

    Mampu mengembangkan alternatif pemecahan masalah dan melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia (PLO 5)
Sumber Rujukan :
  1. Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
  2. Santrock, J W. 2017. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
  3. Nursalim, M, dkk. 2017. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM