Mata Kuliah Bahasa Visual (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah untuk menjelaskan teori bahasa visual dan tata cara membaca karya visual dengan menggunakan kosa kata bahasa visual ( visual grammar ). Fokus perkuliahan adalah memberikan pengetahuan tentang literasi visual dan pemaknaan terhadap karya-karya yang dominan menggunakan bahasa visual, bukan kuliah praktik untuk merancang ikon, indeks, ataupun sign system . Bahan kajian yang diberikan adalah membahas perbedaan dan persamaan antara bahasa verbal dan visual serta kemungkinan kombinasinya. Disampaikan dengan model pembelajaran pengajaran konsep, melalui diskusi, pemberian contoh, apresiasi karya (lukis, instalasi, video, media baru, dll.) dan penelusuran pustaka.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa memiliki pemahaman konseptual tentang berbagai aspek bahasa visual yang relevan dengan bidang seni rupa.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan kosa kata bahasa visual ( visual grammar ) sebagai bahasa universal yang lebih komunikatif dibandingkan bahasa verbal.
  3. Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Sumber Rujukan :
  1. Zimmer, A & Zimmer, F. 1978. Visual Literacy in Communication . Teheran: Hulton Educational
  2. Tabrani, P. 2007. Bahasa Rupa . Bandung: ITB University Press
  3. Kress,G & van Leeuwen, T. 2006. Reading Images. London: Routledge.
  4. Schirato, T. & Webb, J. 2004. Reading The Visual . Allen & Unwin.
  5. Malamed, C. 2011. Visual Language for Designers. Quayside Publishing Group.
  6. Panofsky, E.. 1991. Perspective and Symbolic Form. New York: Zone Books.
  7. Arthur Asa Berger. 2010. The Objects of Affection. New York: Palgrave.
  8. Ricoeur, P.. 1975. The Rule of Metaphore. London: Routledge.
  9. Lowenfeld, V.. 1982. Creative and Mental Growth. tanpa penerbit .

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM