Mata Kuliah Kewirausahaan (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas konsep dan praktik kewirausahaan, e ntrepreneurship , dan techopreneurship agar dapata menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan, yang meliputi kemampuan memotivasi diri agar mampu menangkap peluang usaha, menciptakan jasa, produksi, pemasaran, kemitraan dan manajemen, serta mampu meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dalam usaha. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek, dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Menjelaskan konsep kewirausahaan
  2. Menjelaskan konsep entrepreneurship dan technopreneurship
  3. Menjelaskan pengertian peluang usaha, sumber-sumber peluang usaha, dan cara memanfaatkan peluang usaha
  4. Menjelaskan pengertian produk, proses produksi dan cara menjamin kualitas produk
  5. Menjelaskan pengertian kemasan, fungsi kemasan, macam-macam kemasan, dan strategi memilih kemasan
  6. Menjelaskan pengertian marketing, macam-macam marketing, dan strategi pemilihan marketing
  7. Menjelaskan pengertian kemitraan usaha, jenis-jenis kemitraan usaha, cara menjalin kemitraan usaha, dan indikator keberhasilan kemitraan usaha
  8. Menjelaskan pengertian Rencana Usaha (bussinnes plan), manfaat bussines plan dan cara membuat bussines plan
  9. Menjlalankan wirausaha, mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil evaluasi usaha
Sumber Rujukan :
  • Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
  • TimKewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
  • RobertT Kiyosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN.
  • Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
  • LeonardusSaiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat.
  • Osterwalder,Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation, PT.ElexMedia Komputindo, Jakarta.
  • PedomanPKM 2016. Direktorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kemenristekdikti:Jakarta

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM