Mata Kuliah Manajemen Usaha Boga (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Deskripsi Mata Kuliah : Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan keterampilan dalam merencanakan dan menyelenggarakan suau usaha boga untuk keperluan lembaga/institusi baik yang bersifat komersial atau non-komersial. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktik 4 sks yang mencakup: memahami konsep dasar manajemen usaha boga, mampu mengelompokkan jenis usaha boga, penerapan aspek perencanaan dalam penyelenggaraan usaha boga, penerapan pengorganisasian dalam penyelenggaraan usaha boga, dan mahasiswa mampu menyelenggarakan usaha boga. Metode pembelajaran dengan pemberian tugas dan latihan/praktik. Penilaian meliputi: partisipasi/keaktifan dalam perkuliahan, tugas mandiri, tugas kelompok, pelaksanaan praktik dan ujian sub sumatif dan sumatif.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Keterampilan
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai peluang usaha, aspek-aspek perencanaan suatu usaha, langkah-langkah perencanaan suatu usaha, dan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam merancang dan menyelenggarakan usaha boga. Serta melakukan aktivitas pemasaran pada suau usaha boga.
  3. Pengetahuan
  4. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar teori manajemen usaha boga, perkembangan industri usaha boga, sistem manajemen usaha boga,
  5. Sikap
  6. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkan penilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya standar penilaian. Mengikuti perkuliahan dengan tertib, sopan dan disiplin, akif, dan mampu bekerja sama dengan kelompokndan aspek-aspek perencanaan usaha boga.
Sumber Rujukan :
  • Referensi :
  • Brook, Bessie. 1977. Food Service in Institution. Fifth Edition. Canada: John Willey & Sons, Inc.
  • Davis, Bernard and Sally, Stone. 1991. Food and Beverage Management. Second Edition. London: Butterworth Heinemann Ltd.
  • Fadiati, Ari. 2011. Mengelola Jasa Boga yang Sukses. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
  • Glaiser, Robyn. 1987. Catering: Toward a Career. Longmann: Chesire.
  • John, Pass. 1988. Australian Handbook of Commercial. Catering. Australia: The Macmillan Company Pty Ltd.
  • Kinton, Ronald and Caserani, Victor. 1989. The Theory of Catering. Australia: Edward Arnold.
  • Kotschevar, Lendal and Withrow, Diane. 2008. Mangement By Menu. Fourth Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
  • Mahmood, Khan.1987. Food Service Operation. Wessport.Connecticut: Avi Publishing Company, Inc.
  • Moehyi, Sjahmien. 1992. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta: Penerbit Bharatara.
  • Subroto, Joko. 2003. Food & Beverage and Table Setting. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia(Grasindo).
  • Wahini, Meda. 2003. Manajemen Jasa Boga. Surabaya: Unesa University Press.
  • Widyastuti, Nurmasari. Adrian Pramono.2014. Manajemen Usaha Boga. Yogyakarta: Graha Ilmu

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM