Mata Kuliah Analisis dan Modifikasi Perilaku (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan modifikasi perilaku seperti: prinsip-prinsip respondent behaviour dan respondent conditioning, prinsip-prinsip operant behaviour dan operant conditioning, prinsip-prinsip reinforcement, extinction dan spontaneous recovery, pembentukan perilaku baru, kontrol stimulus, prinsip-prinsip punishment, prosedur-prosedur lain untuk melemahkan atau menghilangkan perilaku yang ingin diubah, dan asesmen perilaku. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara ceramah bervariasi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan studi kasus. Penilaian dilakukan dengan cara Partisipasi, UTS, UAS, tugas.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila CPL-3 (S)
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam membantu konseli untuk mengembangkan dirinya secara optimal dan/atau menangani kesulitannya. CPL-9 (S)
  3. Dapat mengambil keputusan dengan tepat untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan informasi dan data CPL-23 (KU)
  4. Mampu menerapkan kaidah dan prinsip-prinsip penelitian dalam kegiatan evaluasi program bimbingan dan konseling CPL-32 (KK)
Sumber Rujukan :
  1. Martin, Garry & Pear Joseph. 2013. ModifikasiPerilaku, EdisiKesepuluh (Terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: PustakaPelajar.
  3. Miltenberger, R. G. (2011). Behavior modification: Principles and procedures. Cengage Learning.
  4. Kazdin, A. E. (2012). Behavior modification in applied settings. Waveland Press.
  5. Martin, G., & Pear, J. J. (2019). Behavior modification: What it is and how to do it. Routledge.
  6. Jembarwati, O. (2015). Modifikasi Perilaku Untuk Pengenalan Diri Dalam Membentuk Sikap Positif Peserta Didik. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 57-62.
  7. Aziz, A. N. S. (2020). Modifikasi Perilaku Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 5(1), 13-21.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM