Mata Kuliah Andragogi dan Hetaugogi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep teoretik dan praktek tentang pendidikan dan bimbingan konseling untuk orng dewasa. Pembelajaran menakankan kepada keterlibatan aktif mahasiswa dalammengikuti perkuliahan ( student active learing ) dan disampaikan melalui berbagai pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Keberhasilan mahasiswa dutetapkan atas dasar kinerja dalam mengikuti proses perkuliahan dan evaluasi hasil belajar. Kinerja dalam proses perkuliahan diukur berdasarkan jumlah dan kualitas partisipasi aktif, sedangkan kinerja dalam evaluasi diukur berdasarkan dua bentuk ujian, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

Capaian Mata Kuliah :
  • Memahami kebutuhan akan pendidikan dan bimbingan pada manusia dewasa
  • Menguasai model-model teoretik pendidikan orang dewasa (model self-directed learning/ andragogi) dan model self-ditermined learning/heutagogi
  • Mampu merancang suatu model pendidikan orang dewasa dalam bentuk psikoedukasi berdasarkan pada kebutuhan nyata dan perspektif andragogy
  • Mampu merancang suatu model pendidikan orang dewasa dalam bentuk psikoedukasi berdasarkan pada kebutuhan nyata dan perspektif heutagogi


Sumber Rujukan :
  • Cavanaugh, J.C & Blanchard-Field, F. 2015. Adult Development and Aging, 7 edition. USA: Cengage Learning.
  • Hoase, S. & Kenyon, C. 2013. Self-determined learning: heutagogy in action. Tersedia: https://www.pdfdrive.com/self-determined-learning heutagogy-in-action-
  • Hoare, C. 20026. Handbook of Adult Development and Learning . New York: Oxford University Press. https://pls.fkip.unej.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2017/01/
  • Merriam, S. B. (tth). Andragogy and Self-Directed Learning: Pillars of Adult Learning . Tersedia: https://www.pdfdrive.com/andragogy-and-self-directed-learning-pillars-of-adult-learning-e6271769.html
  • Saifudin, M. 2010. Andragogi, Teori Pembelajaran Orang Dewasa. Lampung: Fakultas Dakwah IAIN Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/11985/1/ANDRAGOGI.pdf.
  • Supriyanto. 2009 . Pendidikan Orang Dewasa : Dari Teori Hingga Aplikasi . Jakarta: Bumi Aksara . Tersedia: http://library.fis.uny.ac.id/opac/ index.php?p=show_detail&id=1505
  • Blaschke, L.M. 2012. Heutagogy and Lifelong Learning: A Review of Heutagogy 241891015_Heutagogy_and_Lifelong_Learning_A_Review_of_
  • Conaway, W. 2009. Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation. Tersedia: https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations/692/_
  • El-Amin, A. 2020. Andragogy: A Theory in Practice in Higher Education . Research gate. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/ 348644826_ Andragogy_A_Theory_in_Practice_in_Higher_Education https://doi.org/10.24193/JRHE.2020.2.4
  • Heryanto. 2017. Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan , Vol. XXII, No. 01, Mei 2017-65. Tersedia: https://pdfcoffee.com/pedagogi-andragogi-dan-heutagogi-serta-implikasinya-dalam-pemberdayaan-masyarakat-5-pdf-free.html
  • Knowles, M.S., Holston III, E.F., & Swanson, R.A. 2005. T he Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and human resource Development, Sixth Edition . https://www.pdfdrive.com/the-adult-learner-sixth-edition-the-definitive-classic-in-adult-education-and-human-resource-development-e189958245.html
  • Simanjuntak, K. J. 2012. Konsep Dan Metode Pembelajaran Untuk Orang Dewasa. Jurnal Kharis, Edisi IX. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/341150718_KONSEP_DAN_METODE_PEMBELAJARAN_UNTUK_ORANG_DEWASA

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM