Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Perkembangan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Kajian tentang sejarah bimbingan dan konseling perkembangan, landasan teori bimbingan dan konseling perkembangan, konsep dasar bimbingan dan konseling perkembangan, peran konselor dan personil sekolah lainnya, layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dukungan sistem, kompetensi bidang pribadi-sosial pada jenjang SD, SMP, SMA, kompetensi bidang akademik/belajar pada jenjang SD, SMP, SMA, dan kompetensi bidang karier pada jenjang SD, SMP, SMA serta implementasi bimbingan dan konseling perkembangan. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; diskusi kelompok, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis masalah.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Menguasai konsep teoritis tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi.
  2. Mampu menyusun program bimbingan dan konseling yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan perseperatif dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan komprehensif serta hasil analisis kebutuhan sasaran layanan.
  3. Mampu melaksanakan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem secara klasikal, kelompok, dan individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya, dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan
Sumber Rujukan :
  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Gysbers, N. C. & Henderson, P. 2006. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program 4th Ed. Alexandria, VA: ACA.
  3. South Carolina Team. 2008. The South Carolina Comprehensive Developmental Guidance and Counseling Program Models. Columbia: South Carolina.
  4. Stilwil Ted. et. al. 2001. Iowa Comprehensive Counseling and Guidance Program Development Guide. Iowa: Grimes State Office Building.
  5. Yusuf, Syamsu L.N. 2017. Bimbingan dan Konseling Perkembangan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Refika Aditama.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM