Mata Kuliah Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang mata kuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi: pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu, pendekatan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Menguasai, konsep dasar/hakikat anak berkebutuhan khusus serta latar belakang anak berkebutuhan khusus, Hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, Hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus dan bimbingan konseling bagi orangtua, Permasalahan anak luar biasa dan upaya memahaminya, Pendekatan bimbingan konseling (parent counceling) bagi anak luar biasa, Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus:
  2. Membuat keputusan tentang konsep dan teori dalam ruang lingkup bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang relevan untuk menyelesaikan kasus pembelajaran bagi ABK untuk kesulitan belajar tertentu di kelas.
  3. Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran.
  4. Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran
Sumber Rujukan :
  1. Hallahan dan Kauffman. 1986. Exceptional Children Introduction to Special Education. New York: Prentice-Hall International Inc.
  2. Suheri, HN., Purwanta, Edi. 1996. Bimbingan Konseling Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud, Dikti, Proyek Pendidikan Tenaga guru.
  3. Sukadi, Dewa Ketut. 1983. Seri Bimbingan: Administrasi Bimbingan Konseling di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
  4. Asmani, Jamal Makmur. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).
  5. Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusumawati, Desak P.E. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT. Reneka Cipta.
  6. Winkel, W.S. & Hastuti, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
  7. Corey, Gerald. 1991. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy (Fourth Edition).California: Brooks/Cole Publishing Company.
  8. Corey, Gerald (Alih bahasa: Mulyarto). 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. Semarang: IKIP Semarang Press

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM