Mata Kuliah Metode Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuiah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep dan praktek dalam penelitian dari pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Bahan kajian meliputi: konsep dasar penelitian; beberapa pendekatan dalam penelitian; masalah dan tujuan penelitian; kajian konsep, teori dan hasil penelitian terdahulu; populasi, sampel, dan subyek penelitian; variabel penelitian; teknik dan instrumen pengumpul data; teknik analisis data; teknik dan aturan pengutipan; usulan penelitian; dan laporan hasil penelitian. Sistem perkuliahan pada masa pandemi C-19 dilaksanakan secara daring dengan komposisi minimal enam kali pertemuan virtual (sinkronos) dan sembilan kali asinkronos melalui metode pembelajaran berbasis proyek.
Capaian Mata Kuliah :
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  2. Menguasai metodologi penelitian bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.
  3. Menguasai pengetahuan faktual tentang isu-isu problematika dalam kehidupan masyarakat.
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
  1. Mampu menjelaskan hakekat penelitian (defiisi, tujuan, karakteristik).
  2. Mampu menegmukakan dan menjelaskan beberapa pendekatan dan metode dalam penelitian.
  3. Mampu menemukan suatu permasalahan yang relevan untuk dijadikan sebagai fokus penelitian bidang bimbingan dan konseling , menuliskannya secara sistematis dan logis dalam bentuk latar belakang masalah, dan merumuskannya secara tepat dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan atau tujuan penelitian baik secara kuantitatif maupun kualitataif.
  4. Dapat membuat kajian teori dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan permasalahan yang akan dipecahkan/tujuan penelitian yang ingin dicapai.
  5. Dapat membuat suatu alur berpikir logis pemecahan masalah dalam bentuk kerangka pikir penelitian berdasarkan hasil kajian teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan.
  6. Dapat merumuskan hipotesis (dalam penelitian kuantitatif) atau menyusun fokus penelitian (dalam penelitian kualitat) secara tepat.
  7. Dapat menetapkan populasi, sampel atau subyek penelitian secara tepat sesuai dengan kaidah dalam penetepan sampel penelitian dan tujuan penelitian.
  8. Dapat mengidentifikasi varaibel penelitian secara tepat dan mendefinisikannya secara konseptual dan operasional.
  9. Dapat menetapkan teknik dan instrumen penelitian secara tepat sesuai dengan tujuan penelitian.
  10. Dapat menetapkan teknik analisis data secara tepat sesuai dengan tujuan penelitian dan data penelitian.
  11. Dapat menyusun sebuah usulan penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling secara tepat sesuai dengan kaidah dan prinsip-prinsip metodologi penelitian.
  12. Dapat menulis laporan hasil penelitian dengan benar dalam bentuk karya ilmiah.baik menurut aturan kelembagaan maupun aturan dalam penulisan artikel ilmiah.
Sumber Rujukan :
  1. Ary, D., Jacobs, L.C., & Sorensen, C. 2010. Introduction to Research in Education, Eight Edition. Belmont, CA: Wadworst Cengage Learning.
  2. Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications, Tenth Editions. New jersey: Pearson.Creswell, J.W. 2012. Research Design: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Approach. Research. Los Angeles: Sage Publication.
  3. Creswell, J.W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Fourth Edition. Boston: Pearson.
  4. Siyoto, S. & Sodik, A. 2015. Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
  5. Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM