Mata Kuliah Pengembangan Alat Ukur (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengkaji pengertian pengukuran psikologis serta bentuk instrumen pengukuran psikologis, kawasan ukur dan latihan penegasan kawasan ukur, format penulisan abutir dan format respon, penskalaan dan penentuan skor, prosedur analisi dan seleksi butir, prosedur reliabilitas butir, prosedur validitas butir, prosedur interpretasi.

Capaian Mata Kuliah :


  • Menguasai konsep teoritis tentang pengembangan instrumen sebagai bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan bimbingan dan konseling di sekolah secara mendalam.
  • Mampu melakukan identifikasi dan merumuskan permasalahan yang dbutirukan secara jelas dan mendalam.
  • Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran.
Sumber Rujukan :


  • Anastasi, Anne.1997. Psychological Testing . New Jersey : Prentice Hall Inc.
  • Azwar, Saifudin. 2002. Tes Prestasi . Yogyakarta : Liberty.
  • Calton, D. & Covert, R.W. 2007. Designing and Constructing Instruments for Social Research and Evaluation . San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc.
  • Cronbach, L. J. 1998. Psychological Testing . New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
  • Muhid, A., Suhadiyanto, & Nurhidayat, D. 2015. Pengembangan Alat Ukur Psikologi . Surabaya: digilib.uinsby.ac.id
  • Gay, L.R. 1985. Educational Evaluation And Measurement: Competencies for analysis and application . New York: Bell and Howell company.
  • Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis . Yogyakarta: Andi Offset
  • Tuckman. 1999. Conducting Eductional Research, Fifth edition . USA: Harcourt Brance & Company.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM