Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kepribadiandan pengembangan kepribadian seorang guru yang meliputi konsep dasarkependidikan, konsep dasar kepribadian, kemampuan untuk mengenal diri melaluikarakter, konsep diri, bakat, intelegensi, sikap dan perilaku, kemampuanmengembangkan guru professional melalui kompetensi guru, etika guru, manajemenkelas, dan keahlian memecahkan masalah olehguru yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistemdiskusi, studi kasus, dan presentasi

Capaian Mata Kuliah :
  • Memanfaatkansumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkaitdengan pengembangan kepribadian
  • Mampumemahami konsep dan substansi kepribadian dan mengenal diri dan mampumengembangkannya sebagai landasan sebagai guru yang profesional
  • Mampubertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawabatas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatifdan partisipatif
Sumber Rujukan :
  • Arend, Richard I. BelajarUntuk Mengajar. Buku I. 2013.Jakarta: Salemba Empat
  • Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku I. 2014. Jakarta. Salemba Empat
  • Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku II. 2014. Jakarta. Salemba Empat
  • Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
  • Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
  • Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju      
  • Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
  • Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM