Mata Kuliah Studi Kasus (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang pengertian studi kasus, jenis-jenis penelitian studi kasus, cara mengumpulkan data kasus melalui teknik tes dan non tes, analisis data kasus, dan mendeskripsikan kasus, eksplasnasi, prediksi terhadap suatu kasus dan merancang strategi dan intervensi kasus. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni menggunakan pembelajran eksperensial learning yakni siswa mencari kasus-kasus dan membuat asesmen, mengobservasi, mengeksplanasi dan melakukan analisis terhadap suatu kasus.

Capaian Mata Kuliah :
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu menerapkan perspektif multikultural dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan mempertimbangkan karakteristik budaya peserta layanan sebagai upaya aktif untuk meningkatkan pemahaman dan kepekaan terhadap budaya konseli.
  • Mampu merancang dan melaksanakan program bimbingan dan konseling pada jalur pendidikan formal dan non formal meliputi: di PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Perguruan Tinggi, Lembaga Kursus, keluarga, Anak Berkebutuhan Khusus, panti asuhan, asrama, rumah sakit, dan pusat-pusat rehabilitasi.
  • Mampu mengimplementasikan keilmuan inti BK dan landasan keilmuan pendukung BK dalam berbagai bentuk kegiatan training Bimbingan dan Konseling pada latar pendidikan formal, non formal, dan lembaga-lembaga komunitas, sehingga peserta layanan mampu berkembang menjadi pribadi sehat dan optimal.
  • Mengkaji konsep dasar studi kasus, pendekatan studi kasus tunggal dan multikasus, penyelenggaraan studi kasus, analisis bukti studi kasus, penulisan laporan studi kasus, teknik wawancara dan skedul wawancara, teknik dokumentasi dan analisis kasus.
Sumber Rujukan :


  1. Hilgard, ER. 2000, Introduction Psychology
  2. Kerlibger, F.N. 2002. Azas-azas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  3. Walgito, B. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta. Andi



© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM