Mata Kuliah Teori dan Praktek Konseling Psikodinamika (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dalam konseling psikodinamika. Bahan kajian meliputi, definisi, sejarah, jenis, konsep teoretik, teknik, proses, dan praktek dalam konsleing psikodinamika. Dalam situasi normal perkuliahan dilaksanakan secara daring dan luring. Pada masa Pandemi C-19 perkuliahan dilaksanakan secara daring dengan mijimal enam kali tatap muka virtual (syncrounus) dan sembilan kali asyncrounus. Perkuliahan disampaikan melalui metode berbasis project.

Capaian Mata Kuliah :

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk:

  1. Mendefinisikan konsep konseling psikodinamika.
  2. Menceriterakan sejarah perkembangan konseling psikodinamikan.
  3. Menjelaskan konsep dasar konseling dari perspektif psikoanalisa, Adlerian, dan CG Jung.
  4. Mendeskripsikan gangguan perilaku dan menjelaskan faktor penyebabnya berdasarkan perspektif Freud, Adlerian, dan Jung.
  5. Menyebutkan dan menjelaskan teknik-tenik dalam konseling psikodinamika.
  6. Mendeskripsaikan proses dalam konseling psikodinamika.
  7. Mempraktekkan konsqling psikodinamika untuk membantu konseli menagani kesulitannya dalam situasi simulasi dan tersupervisi.
Sumber Rujukan :
  1. Corey, G. 2017. Theory and practice of counseling and psychotherapy 10th ed . Boston: Cengage learning (e-book)
  2. Fall, K.A, Holden, J.M., Marquis, A. 2017. Theoretical models of counseling and psychotherapy . Taylor & Francis (e-book)
  3. Sommers-Flanagan, J., Sommers-Flanagan, R. 2015. Counseling and psychotherapy theories in context and practice; skills, strategies, and techniques . John Wiley & Sons

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM