Mata Kuliah Teori dan Praktik Konseling Kognitif-Perilaku (3 SKS)
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dari teori konseling kognitif-perilaku, yang meliputi: kajian konsep, pandangan tentang sifat dasar manusia, formulasi teoretik tentang gangguan perilaku, metode konsleing (tujuan, teknik, dan proses), aplikabilitas, kritik, latihan/praktek menganalisis gangguan perilaku dari suatu kasus, merancang dan mempraktekkan program konseling berdasarkan teori konseling kognitif-perilaku. Perkuliahan dilaksanakan dengan secara luring dan daring dengan merenerapkan metode pembelajaran aktif ( active learning ) seperti pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran berbasis proyek. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa ditetapkan berdasarkan nilai keaktifan dalam mengikuti seluruh proses perkuliahan, penyelesaian tugas terstruktur, dan ujian.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam membantu konseli untuk mengembangkan dirinya secara optimal dan/atau menangani kesulitannya. CPL-9 (S)
Menampilkan kesungguhan dalam membantu konseli untuk mengembangkan diri dan/atau menangani kesulitannya. CPL-12 (S)
Menguasai konsep-konsep dan hubungan antar konsep dalam teori konseling kognitif perilaku CPL-13 (P)
Mampu menerapkan konsep-konsep dalam teori konseling kognitif perilaku untuk menganalisis kebutuhan/permasalahan konseli CPL-19 (KU)
Mampu merancang dan melaksanakan suatu program konseling kognitif perilaku untuk membantu konseli megembangkan diri atau menangani kesulitannya. CPL-30 (KK)
- Corey, G. 2017. Theory and practice of counseling and psychotherapy 10th ed . Boston: Cengage learning (e-book). Fall, K.A, Holden, J.M., Marquis, A. 2017. Theoretical models of counseling and psychotherapy . Taylor & Francis (e-book).
- Sommers-Flanagan, J., Sommers-Flanagan, R. 2015. Counseling and psychotherapy theories in context and practice; skills, strategies, and techniques . John Wiley & Sons .
- Sharf, R.S. 2012. Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases , 5th Edition. Belmont, CA Brooks/Cole, Cengage Learning.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM