Mata Kuliah Desain Grafis I (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip simbol grafis sebagai bahasa komunikasi visual didukung dengan pengetahuan dasar tentang Proses Komunikasi dan Psikologi Persepsi sebagai wacana Desain Grafis serta melaksanakan serangkaian latihan berbentuk tugas-tugas praktek merancang simbol-simbol grafis untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi publik, antara lain sign system, simbol sebuah acara, program, event, label produk, dengan strategi teori dan praktek.
Capaian Mata Kuliah :
- · Mahasiswa mampu membuat serangkaian tahapan latihan berbentuk tugas-tugas praktek, merancang simbol-simbol grafis untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi publik, antara lain sign system, simbol sebuah acara, program, event, label produk.
- · Mahasiswa mampu menguasai prinsip tentang simbol grafis art dan penerapannya sebagai bahasa komunikasi visual didukung dengan pengetahuan dasar tentang Proses Komunikasi (Decoding dan Encoding, Makna Denotatif dan Konotatif).
- · Mahasiswa menguasai prinsip Psikologi Persepsi (prinsip-prinsip Gestalt) sebagai wacana Desain Grafis.
- · Mahasiswa bertanggungjawab mengelola data dan disiplin waktu pengerjaan.
Sumber Rujukan :
- Masri, Andry. 2010. Strategi Visual . Jakarta: Jalasutra.
- Sihombing, Danton. 2010. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
- Rustan, Surianto. 2013. Layout dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia
- Moriarty, Sandra, dkk. 2011. Advertising . Jakarta: Kencana
- Murphy & Rowe. 1993. How to Design Trade Mark and Logos. London: North Light Books, Quarto Publishing Plc
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM