Mata Kuliah Desain Grafis II (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip simbol grafis sebagai bahasa komunikasi visual didukung dengan pengetahuan dasar tentang Proses Komunikasi dan Psikologi Persepsi sebagai wacana Desain Grafis serta melaksanakan serangkaian latihan berbentuk tugas-tugas praktek merancang simbol-simbol grafis untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi publik, antara lain sign system, simbol sebuah acara, program, event, label produk, dengan strategi teori dan praktek.
Capaian Mata Kuliah :
- · Mahasiswa mampu membuat serangkaian tahapan latihan berbentuk tugas-tugas praktek, merancang simbol-simbol grafis untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi publik, antara lain sign system, simbol sebuah acara, program, event, label produk.
- · Mahasiswa mampu menguasai prinsip tentang simbol grafis art dan penerapannya sebagai bahasa komunikasi visual didukung dengan pengetahuan dasar tentang Proses Komunikasi (Decoding dan Encoding, Makna Denotatif dan Konotatif).
- · Mahasiswa menguasai prinsip Psikologi Persepsi (prinsip-prinsip Gestalt) sebagai wacana Desain Grafis.
- · Mahasiswa bertanggungjawab mengelola data dan disiplin waktu pengerjaan.
Sumber Rujukan :
- Klimchuk,Marianne Rosner.Krasovec, Sandra A.2007. Desain Kemasan,Perencanaan Merek Produk yang Berhasil mulai dari Konsep sampai Penjualan .Jakarta: Erlangga.
- Carter E David.1981. Corporate Identity Manual .Art Direction Book Co.
- Napoles, Veronica.1988. Corporate Identity Design .New York:Van Nostrand Reinhold.
- Widle, Judith &Ricahrd.1991. Visual Literacy, a Conceptual Approach to Graphic Problem Solving .New York :Warson Guptill Publishing.
- Kasali, Renald.1992.Manajemen Periklanan.Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.
- Jefkin, Frank.1997.Periklanan.Jakarta Airlangga.
- Lip Evelyn.1996.Design Feng Sui Logo, Merek Dagang dan Signboard.Jakarta, PT. Elex Media Komputindo
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM