Mata Kuliah Persepsi Visual (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pemahaman dan pengertian mengenai makna persepsi secara psikologis, serta beberapa aspek psikologi personal, serta unsur-unsur yang mempengaruhi persepsi.

Capaian Mata Kuliah :


Pemahaman mengenai syarat terjadinya suatu persepsi, modal utama, prinsip-prinsip, faktor penentu, teori-teori persepsi, Pengorganisasian visual, serta cara menilai suatu objek melalui berbagai sudut pandang


Sumber Rujukan :
  1. Mulyana, Deddy.2005. Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar, .Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Rakhmat, Jalaluddin, Drs., MSc.2008. Psikologi Komunikasi . Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
  3. Sarwono, Sarlito, W.2009. Pengantar Psikologi Umum .Jakarta, Rajawali Press.
  4. Couto, Nasbahry.2010. Psikologi Persepsi dalam Kawasan Desain Komunikasi Visual. Padang, UNP Press.
  5. Safanayong, Yongki.2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta, Arte Intermedia.
  6. Solso, R.2003. The Psychology of Art and the Evolution of the Conscious Brain .London.MIT Press.
  7. Verstegen, I.2005. Arnheim, Gestalt and Art A Psychological Theory . Austria:Verlag Wien.
  8. Danesi, M.2005. Understanding Media Semiotics. London:Arnold.
  9. Arthur Asa Berger.2010. The Objects of Affection. New York:
  10. Palgrave. Ricoeur, P.1975. The Rule of Metaphore . London: Routledge

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM