Mata Kuliah Persepsi Visual (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pemahaman dan pengertian mengenai makna persepsi secara psikologis, serta beberapa aspek psikologi personal, serta unsur-unsur yang mempengaruhi persepsi.
Capaian Mata Kuliah :
Pemahaman mengenai syarat terjadinya suatu persepsi, modal utama, prinsip-prinsip, faktor penentu, teori-teori persepsi, Pengorganisasian visual, serta cara menilai suatu objek melalui berbagai sudut pandang
Sumber Rujukan :
- Mulyana, Deddy.2005. Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar, .Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
- Rakhmat, Jalaluddin, Drs., MSc.2008. Psikologi Komunikasi . Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
- Sarwono, Sarlito, W.2009. Pengantar Psikologi Umum .Jakarta, Rajawali Press.
- Couto, Nasbahry.2010. Psikologi Persepsi dalam Kawasan Desain Komunikasi Visual. Padang, UNP Press.
- Safanayong, Yongki.2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta, Arte Intermedia.
- Solso, R.2003. The Psychology of Art and the Evolution of the Conscious Brain .London.MIT Press.
- Verstegen, I.2005. Arnheim, Gestalt and Art A Psychological Theory . Austria:Verlag Wien.
- Danesi, M.2005. Understanding Media Semiotics. London:Arnold.
- Arthur Asa Berger.2010. The Objects of Affection. New York:
- Palgrave. Ricoeur, P.1975. The Rule of Metaphore . London: Routledge
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM