Mata Kuliah Poster (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pemahaman karakteristik poster, proses dan teknik perancangannya pembuatan karya desain poster melalui pengolahan unsur-unsur visual dan pengembangan konsep aplikasinya. Memahami karakteristik dan proses perancangan poster, mampu merancang karya desain poster berdasarkan konsep dan teknik tertentu serta mengembangkan alternatif desainnya.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu membuat poster manual maupun digital secara sistematis dan komunikatif sebagai aplikasi dari metodologi perancangan Desain Grafis.
  2. Mahasiswa mampu menterjemahkan beragam kompleksitas kebutuhan klien kedalam karya Desain Grafis.
  3. Mahasiswa mampu secara cermat dan efektif berfikir (design thinking) memvisualkan brief /data verbal/visual dari klien kedalam bentuk sketsa desain poster,finishing poster, hingga menyusun konsep pameran poster
  4. Mahasiswa mampu berfikir cermat, cerdas, tepat dan efektif dalam mengeksekusi desain poster sebagai salah satu karya Desain Grafis.
Sumber Rujukan :
  • [1]. Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga
  • [2]. Simp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
  • [3]. Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Priklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
  • [4]. Palupi, Dyah Hasto. 2007. Advertising that Sells. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  • [5]. Moriarty, Sandra, dkk. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana
  • [6]. Pujianto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: CV Andi Offset

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM