Mata Kuliah Tipografi II (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini memberikan penguasaan tentang huruf dan tipografi sebagai medium sekaligus pesan (medium is the message) sebagai komponen utama dalam pembuatan karya grafis yang komunikatif dan estetis. Eksplorasi huruf sebagai komunikasi yang simbolik (secara manual dan digital) serta relasinya dengan media cetak seperti brosur, poster, dan media dua dimensional lainnya, dengan strategi teori dan praktek.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu merancang media promosi dengan menggunakan berbagai font/huruf secara terkonsep.
  2. Mahasiswa mampu mengembangkan peran font/huruf baik secara manual maupun digital kedalam berbagai bentuk komunikasi visual.
  3. Mahasiswa mampu menganalisa secara teori dan konsep perkembangan disiplin ilmu Tipografi.
  4. Mahasiswa mampu mentukan penggunaans karakter font sesuai kebutuhan media komunikasi visual.
Sumber Rujukan :
  • Kusrianto, Adi, 2004, Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis, Yogyakarta: Andi
  • Rustan, Surianto, 2011, Font & Tipografi, Jakarta: Gramedia
  • Sihombing, Danton, 2001, Tipografi Desain Grafis, Jakarta: Gramedia
  • Sihombing, Danton, 2015, Tipografi Desain Grafis, Jakarta: Gramedia
  • Adityawan, Arief, 2010, Tinjauan Desain Grafis, Jakarta: Concept

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM