Mata Kuliah Tafsir & Hadist Ekonomi Islam (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep ayatal-Qur 19an dan hadits tentang ekonomi dan bisnis serta bentuk-bentukimplementasinya dalam kehidupan nyata. Implementasi substantifnya adalah 1Cal-akhlq al-karmah. 1D. Pembahasan dalam mata kuliah ini berkisar tentangnilai, doktrin dan implementasi konsep-konsep al-Quran dan hadis tentangekonomi dan bisnis dalam kehidupan pribadi, antar pribadi maupun sosial. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah Contextual Teachingand Learning(CTL),yaitu pembelajaran/pengajaran kontekstual yang holistik dan bertujuan membantu mahasiswa untuk memahami maknamateri pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengankonteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural).Selain itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan akademikmahasisiswa digunakan juga metode debat.
- Mahasiswa mampu memahamidan menguasai berbagai teknik/metodedalam melakukan interpretasi dan analisa terhadap informasi yang bersumber al-Qur 19an dan Hadits ekonomi.
- Mahasiswa mampu mempraktekkan berbagai teknik/metodedalam melakukan penafsiran dan pemahaman terhadap ayat al-Qur-an dan haditsekonomi sebagai sumber utama dalam ekonomi Islam.
- Mahasiswa mampu memiliki sikap dankarakter yangpositif dalam aktifitas ekonominya, sesuai dengan ajaran ekonomi dalamal-Qur-an dan hadits.
1. Al-Maraghi,Tafsir al-Maraghi, Beirut : Dar al-Fikr
2. Al-Zuhaily,Wahbah, Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari 19ah, Beirut : Daral-Fikr
3. Diana,Ilfi Nur, Hadits-Hadits Ekonomi, Malang : UIN Malang Press, 2008
4. IbnuKatsir, Tafsir Ibnu Katsir, Beirut : Dar al-Fikr
5. Nawawi,Imam, Riyadhus Sholihin, Beirut : Dar al-Fikr
6. Shihab,M. Quraish, Membumikan al-Quran, Bandung: Mizan, 2002.
7. Shihab,M. Quraish, Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
8. Shihab,M. Quraish, Wawasan al-Quran, Bandung: Mizan, 2001
9. Shan 19ani,Imam, Subul al-Salam, Beirut : Dar al-Fikr
10. Suma,Muhammad Amin, Tafsir Ayat Ekonomi, Jakarta : Amzah, 2013
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM