Mata Kuliah Gizi Kuliner (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pemahaman konsep dasar gizi kuliner 1 yang meliputi: pengertian dan tujuan gizi kuliner 1, tempat penyelenggaraan, alat penyelenggaraan, pengadaan dan persiapan bahan makanan, pengolahan bahan makanan, penyajian makanan, garnish, pengolahan bahan makanan Indonesia dimulai dari proses pemilihan bahan makanan, penyimpanan dan persiapan sebelum diolah, dan hasil olahan makanan pokok, Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan menjawab pertanyaan oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
Pemahaman konsep dasar gizi kuliner 1 yang meliputi: pengertian dan tujuan gizi kuliner 1, tempat penyelenggaraan, alat penyelenggaraan, pengadaan dan persiapan bahan makanan, pengolahan bahan makanan, penyajian makanan, garnish, pengolahan bahan makanan Indonesia dimulai dari proses pemilihan bahan makanan, penyimpanan dan persiapan sebelum diolah, dan hasil olahan makanan pokok, Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan menjawab pertanyaan oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa memiliki pengetahuan konsep gizi kulinar yang meliputi: pengertian, tujuan, tempat penyelenggaraan, pengolahan bahan makanan, pengadaan dan persiapan, penyajian makanan, garnish, pola resep masakan, satandar resep, menu, pengolahan makanan Indonesia, hasil pengolahan bahan makanan pokok yang berorientasi pada standar operasional prosedur secara cerdas dan mandiri dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar.
- Mahasiswa mampu merencanakan bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk proses pengolahan makanan yang berorientasi pada standar operasional prosedur secara cerdas, mandiri dan jujur dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar
- Mahasiswa mampu merencanakan peralatan yang dibutuhkan untuk proses pengolahan makanan yang berorientasi pada standar operasional prosedur secara cerdas, mandiri dan jujur dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar.
- Mahasiwa mampu mengolah makanan Indonesia sesuai standar operasional prosedur secara cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar.
Sumber Rujukan :
- Siregar Rohanta. 2014. Gizi Kulinari. Jakarta: Buku Kedokteran(EGC).
- Siregar Rohanta, dkk. 2014. Gizi Kulinari Dasar. Jakarta: Buku Kedokteran(EGC).
- Tarwotjo Soejieti. 1998. Dasar-dasar Gizi Kulinari. Jakarta: Grasindo
- Silalahi Richard. Food Product. Surabaya: SIC
- Munifa, dkk. 2015. Gizi Kulinar Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM