Mata Kuliah Penilaian Status Gizi (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian dan memberikan pemahaman tentang konsep menilai status gizi dan jenis-jenis penilaian status gizi, melakukan penilaian status gizi pada individu dan kelompok secara antropometri, biokimia, klinis dan konsumsi pangan serta mengolah dan menginterpretasikan hasil penilaian status gizi tersebut.. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Model pembelajaran menerapkan problem based learning dan pembelajaran kooperatif. Kegiatan pembelajaran meliputi tatap muka dalam bentuk ceramah, diskusi kelompok, dan praktek. Bentuk tugas perkuliahan berupa tes tertulis, penyusunan makalah dan presentasi.
Pengkajian dan memberikan pemahaman tentang konsep menilai status gizi dan jenis-jenis penilaian status gizi, melakukan penilaian status gizi pada individu dan kelompok secara antropometri, biokimia, klinis dan konsumsi pangan serta mengolah dan menginterpretasikan hasil penilaian status gizi tersebut.. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Model pembelajaran menerapkan problem based learning dan pembelajaran kooperatif. Kegiatan pembelajaran meliputi tatap muka dalam bentuk ceramah, diskusi kelompok, dan praktek. Bentuk tugas perkuliahan berupa tes tertulis, penyusunan makalah dan presentasi.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang pengertian penilaian status gizi, tujuan dan manfaatnya dengan memanfaatkan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
- Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai jenis-jenis penilaian status gizi secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan penilaian status gizi individu secara antropometri, klinis, dan biokimia dengan instumen yang tepat dan memanfaatkan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
- Mahasiswa mampu merancang cara penilaian status gizi secara tepat sesuai dengan permasalahan gizi yang ada secara individu maupun kelompok.
Sumber Rujukan :
- Gibson R.S, 1993. Nutritional Assesment A Laboratory Manual,
- Gibson, R.S. 2005. Priciples of Nutritional Assessment. Oxford University Press, Cetakan kedua. New york.
- Greenfield, H., Southgate, D.A.T. 2003. Food Composition Data. Food and Agriculture Organization of the United Nations. Rome.
- Hadju V, 2000. DiktatPenentuan Status Gizi, Gizi FKM Unhas, Makassar,
- Jellife D.B, 1989. Community Nutritional Assesment,
- Lee R.D et al (ed), Nutritional Assesment, 1995
- Lohmat et al (ed), Anthropometric Standarization Reference Manual, 1988
- Supariasa, I Dewa N.., Bakri, Bakri., Fajar, Ibnu. 2002. Penilaian Status Gizi. EGC. Jakarta.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM