Mata Kuliah Strategi Pendidikan Gizi (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pembahasan tentang konsep strategi pendidikan/pembelajaran, teori-teori belajar, pendekatan pembelajaran, model-model pembelajaran, dan metode pembelajaran yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pembelajaran pendidikan gizi (RPPG) untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, guna menyelesaikan masalah gizi masyarakat. Kegiatan belajar menggunakan pendekatan Project based learning dan dilakukan melalui pengalaman belajar: diskusi, ceramah, dan penugasan.
Pembahasan tentang konsep strategi pendidikan/pembelajaran, teori-teori belajar, pendekatan pembelajaran, model-model pembelajaran, dan metode pembelajaran yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pembelajaran pendidikan gizi (RPPG) untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, guna menyelesaikan masalah gizi masyarakat. Kegiatan belajar menggunakan pendekatan Project based learning dan dilakukan melalui pengalaman belajar: diskusi, ceramah, dan penugasan.
Capaian Mata Kuliah :
- Mampu menguasai landasan ilmiah ilmu-ilmu gizi, pangan, biomedik, humaniora, dan kesehatan masyarakat.
- Mampu memiliki sikap berketuhanan Yang Maha Esa, beretika, disiplin, sadar hukum, berwawasan sosial budaya, dan berprilaku professional.
- Mampu memanfaatkan IPTEK dalam pengembangan diri dan memecahkan masalah gizi.
Sumber Rujukan :
Arends, R. I. 1997. Class Room Instructional and Management . New York: Mc. Graw-Hill.
- Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Edisi 6. Penerjemah: SatrioWahono. Jakarta: PT Indeks.
- Mustaji. 2009. Desain Pembelajaran. Surabaya: University Press.
- Nur, Mohamad dan I Ketut Budayasa. 1998. Teori Pembelajaran Sosial dan Teori Pembelajaran Perilaku. IKIP Surabaya.
- Nur, Mohamad dan Prima Retno Wikandari. 2004. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS Unesa.
- Nur, Mohamad. 2011. Strategi-Strategi Belajar. Unesa: PSMS.
- Nur, Mohamad. 2011. Model Pembelajaran Langsung. Surabaya: PSMS Unesa.
- Nur, Mohamad. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Unesa: PSMS.
- Nur, Mohamad. 2011. Model pembelajaran Berbasis Masalah. Unesa: PSMS.
- Nurlaela, Luthfiyah dan Euis Ismayati. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
- Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM