Mata Kuliah Etika dan Kebijakan Komunikasi (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas bagaimana teknologi-teknologi baru (new technologies) mempengaruhi dan membentuk praktik-praktik budaya dalam masyarakat. Termasuk didalamnya pembahasan tentang konsep dasar cyberspace dan cyberculture baik dalam konteks teoritis maupun teknologis seperti virtual community, identitas, cyborg serta beberapa tema-tema khusus seperti popular cyberculture, cybersubculture, cyberfeminism,serta cyberbodies.

Capaian Mata Kuliah :
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis perkembangan teknologi media baru, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif media baru baik mandiri dan kelompok.
    • Menguasai konsep teoritis bidang teknologi-teknologi media baru secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang perkembangan teknologi media baru, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
    • Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi perkembangan media-media baru yang dihadapi.

Sumber Rujukan :

  • Flew, Terry. 2014. New Media. Oxford University Press. Victoria.

  • Giddings, Seth. 2011. The New Media and Technocultures Reader. Routledge. New York

Gane, Nicholas. 2008. New Media: The Key Concepts. Bloomsbury Academic. UK.

Rogers, Everett M, 1996, Communications Technologies , The Free Press Collier Mc Millan Publishing, London

Siapera, Eugenia.The Handbook of Global Online Journalism. London ; Willey Blackwell

Irwansyah dkk.2014.Demokrasi dalam Ruang Virtual. Jakarta : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Steven G. Jones. Virtual Culture. London: Sage


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM