Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan (3 SKS)
Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek komunikasi dalam konteks pendidikan. Kajian tentang peran guru, penggunaan simbol verbal dan nonverbal serta media yang digunakan untuk mencapai transfer pengetahuan yang efektif, terutama dalam lingkup ruang kelas. Melalui diskusi dan penugasan mahasiswa dapat melakukan analisis dan sintesis terhadap pelaksanaan komunikasi pendidikan yang efektif
Mampu menggunakan IPTEKS untuk memahami penerapan komunikasi dalam bidang pendidikan
Menguasai konsep teoritis tentang komunikasi dalam bidang pendidikan, serta mampu memformulasikan bentuk-bentuk komunikasi pendidikan yang efektif.
Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih bentuk komunikasi efektif dalam konteks pendidikan, baik secara mandiri dan kelompok
Bertanggung jawab terhadap formulasi bentuk-bentuk komunikasi pendidikan efektif.
- Gayle, Barbara Mae, et.all. (eds.). 2006. Classroom Communication and Instructional Processes: Advances Through Meta-Analysis . New Jersey: Lawrence Eelbaum Associates Farrell.
- Thomas S.C. 2009. Talking, Listening and Teaching: A Guide to Classroom Communication . California: CorwinNaim.
- Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan . Jogjakarta: Ar-Russ Media.
- Powell, Robert G. and Powell Dana L. 2010. Classroom Communication and Diversity: enhancing Instructional Practice . New York: Routledge.
- Yusuf. Pawit M. 2010. Komunikasi Instruksional: Teori dan Praktek . Jakarta: Bumi Aksara.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM